10 Wilayah Indonesia dengan Penduduk Paling Romantis

Admin - 2019-02-18

Di Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari, banyak orang sibuk menyiapkan kejutan paling romantis untuk sang kekasih hati, entah dalam bentuk kado, menyiapkan malam malam romantis, atau sekadar memberi kartu ucapan.

Meski perayaan Valentine identik dengan budaya barat, masyarakat Indonesia rasanya juga tak ingin ketinggalan untuk menyambut momen ini.

CupoNation telah menganalisa minat orang Indonesia dalam perayaan Valentine. Situs itu menyimpulkan, tingginya antusiasme masyarakat dalam perayaan Valentine ini menunjukkan sisi Romantis yang ada dalam jiwa penduduk Indonesia.

Berdasarkan riset CupoNation, pencarian online tentang “Hari Valentine” meningkat di Indonesia. Hasil riset menunjukkan, volume pencarian untuk kata kunci “Hari Valentine” meningkat sebanyak tiga persen di 2018 jika dibandingkan dengan 2017. Hal ini lalu dijadikan indikator tentang semakin banyaknya orang Indonesia yang tertarik untuk merayakan hari Valentine bersama pasangan mereka.

Berdasarkan volume penelusuran rata-rata tentang kata kunci romantis pada Google untuk dua tahun terakhir, riset ini menyimpulkan 10 wilayah di Indonesia dengan penduduk paling romantis.

Penduduk Sulawesi Utara menduduki posisi nomor satu sebagai penduduk paling romantis di Indonesia. Di sana, penduduknya paling banyak mencari tahu tentang hari Valentine dan ide romantis secara online. Posisi kedua diduduki warga pulau Bali yang diikuti oleh Nusa Tenggara Timur dan Maluku. Posisi kelima dan keenam ditempati oleh Kepulauan Riau dan Sulawesi Selatan. Provinsi Sumatera Utara menduduki peringkat ke tujuh. Posisi kedelapan ditempati oleh provinsi terluas yang terletak di ujung timur Indonesia alias Papua. Posisi kesembilan dan kesepuluh diraih oleh Riau dan Kalimantan Barat.

Riset ini juga mengungkapkan sepuluh wilayah di Indonesia dengan jumlah penduduk yang paling antusias dalam perayaan Valentine. Riset dilakukan dengan menghitung jumlah volume penelusuran untuk kata kunci “Hari Valentine” dalam skala 0-100 untuk periode 1 Januari 2017-31 Desember 2018, melalui Google trends.

Berdasarkan riset, Sumatera Utara kembali menduduki peringkat pertama sebagai wilayah di Indonesia dengan penduduk yang memiliki antusiasme tinggi dalam perayaan Valentine. Ini terbukti dengan hasil riset yang mengungkapkan penduduk di sana paling banyak melakukan penelusuran online terhadap perayaan valentine. Posisi kedua ditempati wilayah Papua Barat, diiringi Nusa Tenggara Timur, dan beberapa wilayah lain. 

Jika diurutkan provinsi-provinsi itu adalah:

1. Sumatra Utara

2. Papua Barat

3. Nusa Tenggara Timur

4. Sulawesi Barat

5. Sulawesi Selatan

6. Papua

7. Maluku

8. Kepulauan Bangka Belitung

9. Kalimantan Barat

10. Bali

 

Source:  nationalgeographic.grid.id

.