Jaga Kesehatan Tulang Dengan 5 Langkah Mudah Ini

Admin - 2019-04-06

Ketahanan dan kesehatan tulang akan berubah seiring dengan pertambahan usia. Sebelum kondisi tulang menurun, Anda disarankan menjaga kesehatannya sejak dini. 
Dikutip dari situs Web MD dan Mayo Clinic, ada lima langkah yang bisa dilakukan dari sekarang agar tulang tetap sehat saat usia tua. 
 
1. Memenuhi Kecukupan Vitamin D
Vitamin D dipercaya membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang didapat dari sinar matahari. Cara ini bagus untuk lansia, wanita hamil dan menyusui, serta berlaku juga untuk semua orang. Kombinasi vitamin D dan kalsium dapat membantu mengurangi kerusakan tulang pinggul yang rentan menyerang saat lansia.
 
2. Aktif Bergerak
Aktivitas ringan seperti berjalan, berlari, senam, atau menari bisa membantu tulang tumbuh lebih kuat. Dengan aktif bergerak, keseimbangan dan koordinasi tubuh juga akan lebih baik. Kekuatan otot akan bertambah dan bisa bantu melindungi tulang dari cedera.
 
3. Konsumsi Makanan Sehat
Makanan yang banyak mengandung kalsium dapat membantu tubuh mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tulang. Bahan makanan seperti daging, ikan, telur, sayuran hijau, dan susu diyakini baik untuk kesehatan tulang.
 
4. Hindari Cedera
Menghindari cedera penting terutama bagi lansia yang kekuatan tulangnya semakin berkurang. Kunjungi fisioterapis untuk melatih koordinasi keseimbangan tubuh. Selain itu, tak salah jika memeriksa kondisi mata, khususnya pada lansia yang sudah mulai rabun, agar jarak pandang dalam beraktivitas lebih optimal.
 
5. Kurangi Alkohol dan Rokok
Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat merusak tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Kondisi mabuk akibat alkohol juga memperbesar risiko terjatuh yang mengakibatkan patah tulang. Merokok juga berdampak buruk pada kesehatan tulang. Rokok memiliki racun yang berpengaruh pada kesehatan tulang dan bisa menghentikan kerja sel saat mengkonstruksi tulang.
 
 
Source:  tempo.co
.