Tips Mencegah dan Mengatasi Rasa Haus Saat Sedang Puasa

Tips Mencegah dan Mengatasi Rasa Haus Saat Sedang Puasa

Admin - 2019-05-11

Sebagian orang lebih sulit menahan rasa haus dibandingkan dengan rasa lapar saat berpuasa. Rasa haus bisa menjadi pengganggu nomor satu dalam menjalankan ibadah puasa karena dapat membuat tubuh menjadi lemas dan sakit kepala.
 
Sebenarnya, adakah cara mudah untuk mencegah dan mengatasi rasa haus saat puasa?
 
Berpuasa di cuaca yang sedang panas, memang membuat kita merasakan kering di mulut dan juga tenggorokan. Apa lagi saat di siang hari, kita pasti akan merasakan kehausan.
 
Hal ini wajar saja dirasakan karena saat berpuasa kita menahan diri untuk tidak minum atau makan, sehingga akan kekurangan cairan atau sering disebut dehidrasi.
 
Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa haus terkadang tidak tertahankan. Selain kegiatan yang menguras cairan tubuh dan kondisi cuaca yang panas dengan kelembaban yang tinggi, faktor makanan yang kita konsumsi saat makan sahur juga turut mempengaruhi rasa haus saat berpuasa.
 
Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat saat berbuka maupun sahur. Besar kemungkinannya saat berbuka puasa kita cenderung mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat, sehingga mudah merasa haus dan lapar.
 
Sekali lagi, memperhatikan pola makan saat bulan puasa, sangat penting untuk kondisi tubuh. Ada baiknya kita biasakan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi rasa haus saat puasa ramadhan.
 
Bagaimana cara mengatasi haus saat puasa?
Menjaga suhu tubuh tetap normal bisa membantu kita untuk tidak mudah merasa haus, apalagi jika memiliki banyak kegiatan di luar ruangan.
 
Jika tubuh menjadi terlalu panas, salah satu cara paling efektif untuk menurunkan suhu tubuh adalah mandi atau berendam dengan air yang sejuk.
 
Pastikan suhu air sejuk, bukan dingin. Seharusnya suhu air ini di bawah suhu tubuh. Jika terlalu dingin, saat sudah selesai mandi atau berendam, tubuh pun menanggapi dengan mengeluarkan panas untuk menghangatkan diri.
 
Untuk yang berangkat ke kantor menggunakan sepeda motor dan terlalu lama di jalan karena menghadapi kemacetan, kamu akan merasakan kelelahan dan kehausan sesampainya di kantor.
 
Jika sudah sampai di kantor, kamu bisa mencoba menaruh es batu di dalam handuk tipis dan menaruhnya selama dua menit di leher dan di pergelangan tangan, yang merupakan dua titik nadi yang bisa dipegang kapan saja di sepanjang hari.
 
Hal ini bisa mendinginkan tubuh karena titik nadi merupakan area di mana pembuluh darah berada dekat dengan permukaan kulit sehingga bisa mentransfer dingin ke tubuh.
 
Kamu juga bisa meletakkan handuk dingin ini di sekitar pangkal kepala dan leher di air yang sejuk selama 5-10 menit. Di area ini ada banyak pembuluh darah yang berada dekat dengan permukaan kulit dan bisa membantu mendinginkan tubuh dengan cepat.
 
Cara mencegah agar tidak haus saat puasa
Agar ibadah puasa tidak terganggu dan tetap lancar sampai takbir berkumandang, kamu bisa mencoba beberapa tips untuk mengatasi haus saat puasa. Apa saja tipsnya?
 
1. Perbanyak minum air putih
Usahakan perbanyak minum air putih dari waktu berbuka puasa hingga menjelang imsak. Hal ini dapat membuat kita terhidrasi dengan baik saat menjalankan puasa. Kamu bisa menempatkan air minum dalam wadah botol ketika akan tidur, yang bisa diminum ketika terbangun di tengah malam.
 
Usahakan minum air putih satu atau dua cangkir setiap satu jam. Kebiasaan ini akan membantu tidak kehausan pada jam-jam puasa.
 
2. Konsumsi banyak buah-buahan
Salah satu cara mudah untuk mencegah haus saat puasa adalah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Asupan cairan tidak hanya bisa didapatkan dengan minum air putih, namun juga bisa dari buah-buahan.
 
Semangka, stroberi, anggur dan melon mengandung sekitar 90-92% air. Buah persik, rasberi, nanas, aprikot dan blueberi mengandung sekitar 85-89% air.
 
Buah-buahan ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, dibekukan atau dijus, dan dikonsumsi saat sahur. Kamu bisa juga mencampurkan beberapa buah untuk membuat salad buah.
 
3. Hindari aktivitas melelahkan
Aktivitas yang menguras tenaga biasanya akan membuat kita lebih cepat haus. Karenanya hindari kegiatan yang membuat berkeringat dan kelelahan, terutama di bawah panas matahari.
 
Berada di ruangan yang sejuk juga akan membantu seseorang untuk mengurangi rasa haus.
 
 
Source:  kompas.com
.