Perhatikan Makananmu, 5 Tips agar Tidak Uring-uringan saat PMS

Admin - 2019-09-03

5 Tips agar Tidak Uring-uringan saat PMS


1. Kurangi Garam

Bila sering mengalami perut kembung, nyeri payudara, atau tangan yang bengkak saat PMS, coba kurangi asupan garam dalam makananmu. Sebisa mungkin hindari makanan olahan serta makanan instan yang tinggi kandungan garamnya. Ada baiknya, kita mengonsumsi masakanan buatan kita sendiri yang kandungan garamnya bisa disesuaikan.

2. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang kaya zat besi dan vitamin B dapat membantu mengatasi rasa lelah. Ragam buah dan sayuran segar juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

3. Konsumsi Lebih Banyak Kalsium


Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih banyak kalsium seperti yang ada pada yogurt, susu, produk kedelai, dan keju rendah lemak bisa bantu mengatasi gejala PMS. Dengan mengonsumsi makanan yang berkalsium, tubuh pun bisa terasa lebih berenergi.

4. Ngemil Kacang-kacangan

Biasanya saat sedang PMS, hasrat ngemil susah dikendalikan. Di sini kita perlu memilih jenis camilan yang kaya kandungan asam lemak omega-3 yang dapat membuat kita kenyang lebih lama. Kacang-kacangan seperti pikan, almond, dan kacang kenari bisa dijadikan camilan sehat untuk bantu redakan gejala PMS.

5. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak gula alami dan kaya serat. Jenis makanan ini bisa masuk ke aliran darah secara perlahan dan menjaga kadar insulin naik secara bertahap. Sehingga bisa bantu menstabilkan suasana hati dan mengontrol nafsu makan kita.

Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Untuk mencegah kembung dan memperlancar pencernaan, minum banyak air putih sangatlah penting. Semoga dengan menjaga pola makan yang lebih baik, gejala PMS bisa diatasi dengan lebih efektif.

Source: https://www.fimela.com

.