Pagi Ini, Presiden Joko Widodo akan Divaksin Covid-19

Admin - 2021-01-13

Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal menjalani vaksinasi perdana covid-19 pada hari ini, rabu (13 januari 2021). Ini merupakan pelaksanaan program vaksinasi perdana, dimana kepala negara menjadi orang pertama yang divaksinasi.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. "Rencana besok pagi penyuntikan vaksin perdana untuk presiden," ujar Bey dalam keterangan di Jakarta, Selasa 12 Januari 2021.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Joko Widodo akan divaksin covid-19 besok pagi, Rabu (13/1/2021). Prosesi penyuntikan vaksin akan disiarkan secara langsung dari Istana Kepresidenan Jakarta.

Ditanyakan persiapan yang dilakukan Presiden Jokowi sebelum vaksinasi, heru mengatakan bahwa harus cukup tidur dan sarapan terlebih dulu. Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal disuntikkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Tak hanya Jokowi, pejabat lainnya seperti Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, juga akan disuntikkan vaksin buatan Sinovac tahap pertama bersama Jokowi.

Adapun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin edar darurat untuk vaksin Covid-19 buatan Sinovac. BPOM menyatakan, vaksin buatan Sinovac telah lulus uji keamanan dan keampuhan dengan tingkat efikasi (keampuhan) dari vaksin Covid-19 buatan Sinovac sebesar 65,3 persen. Angka tersebut telah melebihi ambang batas minimal yang ditetapkan WHO, yakni sebesar 50 persen.

.