Wali Kota Medan Bobby Nasution mengakui bahwa Kota Medan jadi kota terkotor di Indonesia.

Admin - 2021-07-06

Label Kota Medan jadi kota terkotor di Indonesia diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.
Menurut Bobby Nasution, untuk mengubah stigma itu, pihaknya tengah berupaya memperbaiki sistem tata kelola sampah di Kota Medan.

Satu diantara upaya yang sedang dilakukan saay ini adalah meluncurkan pilot project penanggulangan dan penanganan sampah domestik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Program pengolahan sampah dengan menggunakan teknologi Advanced Land Fill Mining With Material & Energy Recovery (ALFIMER) ini, kata Bobby Nasution, diharapkan dapat mengatasi permasalahan sampah di TPA Terjun dan mengubah status Kota Medan sebagai kota terkotor di Indonesia.

"TPA Terjun ini menggunakan sistem open dumping, sehingga Kota Medan mendapatkan status kota terkotor dari Kementerian Lingkungan Hidup," kata Bobby Nasution, Sabtu (3/7/2021).

Ia mengatakan, untuk mengubah status ini, pengolahan sampah dengan menggunakan teknologi Advanced Land Fill Mining With Material dan Energy Recovery (ALFIMER) harus dilakukan.

Selain itu, kata dia, Pemko Medan juga berencana untuk mengubah status kota terkotor dengan menyiapkan 50 hektare lahan TPA regional baru di Desa Talun Kenas, Kabupaten Deli Serdang dengan sistem sanitary landfill.

Sumber: Tribun Medan

.