Pengusaha Restoran di Medan Menunggu Aturan Teknis tentang 'Dine In' Selama PPKM Level 4

Admin - 2021-07-27

Pemerintah memberikan pelonggaran dalam pemberlakuan PPKM Level 4 diantaranya memperbolehkan makan secara dine ini atau makan di tempat dengan beberapa pembatasan. 

Adapun dalam pembatasan tersebut rumah makan dan kafe dengan skala kecil yang berada pada lokasi sendiri dapat melayani makan di tempat/dine in dengan kapasitas 25 persen dan menerima makan dibawa pulang/delivery/take away dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Selain itu, masyarakat yang melakukan makan di tempat memiliki batasan waktu makan maksimal selama 20 menit. Namun begitu, tampaknya kebijakan ini belum diterapkan di kota Medan hari ini, Senin (26/7/2021).

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut Denny S Wardhana mengungkapkan masih menunggu kebijakan dari Pemko Medan.

"Belum diterapkan karena kita belum mendapatkan SE gubernur atau Wali Kota yang baru. Jadi kita mashi menunggu aturannya," ungkap Denny. Dikatakan Denny, kebijakan ini bisa membantu para pemilik usaha restoran untuk dapat menggerakkan ekonomi secara perlahan. 

Selain itu, Denny juga turut mengingatkan agar pemilik restoran dapat menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar kebijakan ini dapat berjalan dengan baik.

"Setidaknya kita masih bisa berusaha dibanding sebelumnya. Dan hal yang penting prokes harus tetap dijaga dan diperketat selama kebijakan ini berlangsung. Semoga bisa lebih dipermudah untuk restoran baik di hotel dan di luar hotel," ucap Denny.

.