Bandar Ganja di Kampus USU Divonis 7 Tahun Penjara

Admin - 2021-08-20

Seorang mahasiswa, Okto Berlin Siahaan (22) divonis 7 tahun penjara, karena terbukti mengedarkan daun ganja kering 850 gram di kalangan mahasiswa USU.

Hakim yang diketuai Saidin Bagaria berpendapat bahwa warga Siantar itu terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, dan menerima.

“Mengadili, dengan ini majelis hakim menjatuhkan terdakwa dengan hukuman 7 tahun penjara dan denda Rp1 miliar dengan subsidair 4 bulan penjara,” tegas hakim di Ruang Cakra III, PN Medan, Kamis (19/8).

Menurut hakim, perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 114 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Sedangkan dalam pertimbangan, hal yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkotika.

“Yang meringankan, terdakwa mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya kembali,” pungkas hakim. Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum meminta agar hakim menjatuhkan terdakwa dengan hukuman 8 tahun penjara dan Rp1 miliar dengan subsidair 6 bulan penjara.

Terdakwa menyebutkan, ganja 750 gram tersebut dibelinya dari Iwan Als Gems (DPO) pada 28 Januari 2021, di Pajak Sore Jalan Jamin Ginting dengan harga Rp600 ribu. Sedangkan 100 gram lainnya dibelinya dari Rega Purba (juga DPO) dengan harga Rp200 ribu. Ganja tersebut untuk dijual kembali oleh terdakwa kepada kalangan mahasiswa USU Medan.

 

Sumber: Waspada Online

.